GAMUPALA

GAMUPALA
GABUNGAN PEMUDA PECINTA ALAM

Rabu, 20 November 2013

PROPOSAL PEMBENTUKAN UNIT KEGIATAN PEMUDA GABUNGAN PEMUDA PECINTA ALAM ( GAMUPALA )




PROPOSAL
PEMBENTUKAN
  UNIT  KEGIATAN PEMUDA
GABUNGAN PEMUDA PECINTA  ALAM
( GAMUPALA )

Yang diajukan oleh :
Tim Persiapan Pembentukan Unit Kegiatan
Gabungan Pemuda Pecinta Alam
( GAMUPALA )







GAMUPALA
Proyek Proposal
Gabungan Pemuda Pecinta Alam
JAKARTA BARAT
2013







Gabungan Pemuda Pecinta Alam
Sekretariat : Rawalele RT. 003/10 Kalideres – Jakarta Barat
Telp. (021) 50549552


PROPOSAL
PEMBENTUKAN UNIT KEGIATAN
PEMUDA
GABUNGAN PEMUDA PECINTA ALAM (GAMUPALA)

 A.        PENDAHULUAN
Manusia tak akan dapat hidup dengan tenang jika tidak mampu  membangun harmoni dengan lingkungan alam  tempat dia hidup dan berinteraksi. Bahkan sudah umum diyakini, bahwa manusia adalah mikrokosmos dan alam semesta adalah makrokosmos. Ini memberi gambaran mengenai betapa pentingnya hubungan yang saling mendukung antara aktifitas dan kesadaran manusia dengan fakta terdapatnya lingkungan alam. Alloh SWT pun mengingatkan bahwa kerusakan yang ada di daratan dan di lautan akibat ulah manusia itu sendiri. Seyogya nya kita harus bersahabat dengan alam.
Mensyukuri nikmat Allah SWT, salah satunya dapat berwujud upaya seseorang untuk membangun hubungan harmoni dengan lingkungan alamnya. Kegiatan Pecinta alam adalah satu upaya pembentukan karakter (karakter Building) yang peduli pada alam, harmonis dan positif antara seorang manusia dengan alam sekitarnya. Karena bagaimanapun juga sebagian besar dari aktifitas masyarakat modern, baik disadari maupun tidak, adalah sangat merugikan bagi kelestarian lingkungan hidup. Setiap hari beribu ton gas beracun disumbangkan manusia ke alam sekitarnya melalui aktifitasnya menaiki kendaraan bermotor. Dan tentu manusia tidak dapat menetralkan racun tersebut, sementara pepohonan di alam semesta malah harus tumbuh dengan menyerap gas beracun tersebut dan sebaliknya mengeluarkan zat yang amat sangat dibutuhkan manusia yaitu oksigen. Ini menjadi sebuah fakta bahwa harmoni antara manusia dan lingkungan alamnya akan membuat kehidupan berlangsung dengan seimbang, damai dan meyehatkan.
Begitu juga halnya dengan upaya kalangan Pemuda dalam menumbuhkan rasa harmoni antara diri dan lingkungan alamnya akan banyak membantu dan mendukung upaya membangun harmoni antara diri manusia dengan lingkungan hidupnya. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan perenungan alam (tadabbur alam dan mengenal Alloh sang pencipta berdasarkan penciptaan-Nya), baik melalui kegiatan penjelajahan bebas, kemah alam, penyusuran sungai,gua dan pantai maupun pendakian gunung,dan sejumlah kegiatan lain yang mempunyai esensi positif alam.

Sehubungan dengan kepentingan menumbuhkan pengalaman dan kesadaran akan pentingnya membangun dan menjaga harmoni antara diri manusia dengan lingkungan alamnya, maka kami merintis berinisiatif dan menganggap perlu adanya suatu wadah yang dapat membina karakter, keahlian, kemampuan, kedewasaan pemuda melalui kegiatan di Alam bebas.
Hal ini sebagai metode aplikatif dalam menerapkan Nilai pendidikan, pembelajaran bahasa sekaligus pembentukan karakter Positif dalam balutan kegiatan di alam bebas.

 B.      MAKSUD DAN TUJUAN
1.2.1.    Maksud pembentukan Gabungan Pemuda Pecinta Alam (GAMUPALA)
·           Pembentukan karakter (character building) pemuda dengan memasukan unsur-unsur nilai pendidikan dan kecintaan berbasis alam .
·           Dinamika kehidupan harus menuntut adanya kevariatifan dalam kegiatan supaya memberikan nuansa semua pemuda sibuk dengan kegiatan positif dan tidak sepi dalam kejenuhan dalam kehidupan bermasyarakat.
·           Menumbuhkan pemuda yang sehat, kuat, mandiri, dan peduli terhadap alam sekitar.
·           Pecinta Alam adalah media pembelajaran aplikatif dan teori tentang nilai-nilai yang syarat keilmuan dan pengembangan karakter.
       
1.2.2.    Tujuan dari adanya Unit Kegiatan santri ini, adalah :
·           Menjadikan GAMUPALA  sebagai mesin penggerak dalam  peningkatan  rasa kepedulian pemuda  maupun masyarakat terhadap kelestarian  alam.
·           Menyalurkan  minat dan bakat pemuda.
·           sebagai upaya partisifatif pemuda dengan  program  Pemerintah yang  mengacu pada konsep pengembangan pariwisata, diantaranya objek pariwisata alam pegunungan.dan pecinta alam adalah  salah satu komponen pendukung  (each  of support system)  objek pariwisata tesebut.


C.  GABUNGAN PEMUDA PECINTA ALAM (GAMUPALA)
Gamupala adalah Singkatan  dari Gabungan Pemuda Pecinta Alam, yang bermakna sekumpulan pemuda yang membentuk wadah dalam kecintaan dan pelestarian terhadap alam sekitar. Juga menumbuhkan kekompakan dan kerjasama yang positif di kalangan pemuda.
Unit Kegiatan Gabungan Pemuda Pecinta Alam (Gamupala) adalah salah satu kegiatan  yang nantinya akan mengadakan berbagai kegiatan kepecintaan alaman yang lebih berbidang kepada kegiatan alam bebas seperti   pendakian gunung (Mountaineering), petualangan jejak alam (adventuring), panjat (Climbing) camping, penyusuran sungai (rafting)  penyusuran Gua (Caving)  serta Penghijauan dan sejumlah kegiatan lain di alam bebas dengan bermuatan sejumlah materi seperti bertahan dialam bebas (survival) membaca arah  mata angin (mapping) pertolongan Kecelakaan di alam (Rescue), bekerja tim (team work) sehingga diperlukan Anggota yang mempunyai semangat, mental, jiwa dan rohani yang kuat. Oleh karena itu wadah yang dapat mendidik pemuda berkarakter adalah salah satu nya Pecinta Alam.

D.   KEGIATAN GAMUPALA
Adapun kegiatan GAMUPALA  secara garis besar adalah :
1.         Latihan dasar Kepecinta alaman
2.         Latihan Survival (bertahan di alam bebas)
3.         Latihan Rescue (penyelamatan)
4.         Mountenerring (menjelajah gunung)
5.         Climbing ( mendaki gunung)
6.         Rafling (penyusuran sungai)
7.         Navigasi (penentuan letak arah)
8.         Kedisiplinan, pengembangan karakter, team work


E.   KODE ETIK GAMUPALA

KODE ETIK PECINTA ALAM INDONESIA
Adapun kode  etik pecinta alam  Indonesia adalah :
KODE ETIK PECINTA ALAM INDONESIA
PECINTA ALAM INDONESIA SADAR BAHWA ALAM BESERTA ISINYA ADALAH CIPTAAN TUHAN YANG MAHA ESA “
“PECINTA ALAM INDONESIA SEBAGAI BAGIAN DARI MASYARAKAT INDONESIA SADAR AKAN TANGGUNG JAWAB KAMI KEPADA TUHAN, BANGSA DAN TANAH AIR ”
” PECINTA ALAM INDONESIA SADAR BAHWA PECINTA ALAM ADALAH SEBAGAI MAKHLUK YANG MENCINTAI ALAM SEBAGAI ANUGERAH TUHAN YANG MAHA ESA “


Sesuai dengan hakekat diatas kami dengan kesadaran menyatakan :
1.      Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Memelihara alam beserta isinya serta menggunakan sumber alam sesuai dengan kebutuhannya.
3.      Mengabdi kepada Bangsa dan Tanah Air.
4.      Menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitar serta menghargai manusia dan kerabatnya.
5.      Berusaha mempererat tali persaudaraan antara pecinta alam sesuai dengan azas pecinta alam
6.      Berusaha saling membantu serta menghargai dalam pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan, Bangsa dan Tanah air.
7.      Selesai.

Disahkan bersama  di Jakarta Barat
26 Oktober 2013


 F.    WARNA DAN BENTUK LAMBANG GAMUPALA







Arti Lambang :
ü  Tulisan warna coklat melingkar melambangkan persatuan dari kalangan pemuda dan warna coklat melambangkan tanah dimana tempat kita berpijak.
ü  Pohon berwarna hijau melambangkan alam yang indah dimana kita harus menjaga melestarikannya.
ü  Tenda melambangkan kegiatan pemuda pecinta alam berkemah menyatu dengan alam.
ü  Bulan melambangkan cahaya / ilmu yang kita dapatkan dari alam. 
Nama yang  di ajukan untuk organisasi ini adalah Gabungan Pemuda Pecinta Alam disingkat GAMUPALA.

G.   PENUTUP
Demikianlah proposal pengajuan organisasi Pecinta Alam ini diajukan untuk dapat ditindaklanjuti. Atas semua kesalahan bahasa kami mohon maaf dan permakluman. Dan semoga proposal ini dapat dikongkritkan dan akan menjadi sebuah awal yang baik bagi  dinamika kepemudaan di Kota Jakarta yang kita cintai ini. semoga Allah SWT selalu merahmati dan melindungi kita semua. Amin.

3 komentar:

  1. Semangat terus semuanya men temen...

    BalasHapus
  2. youtube! no signup - VODl
    youtube! no signup youtube! no youtube to mp3 converter samsung signup youtube! no signup youtube! no signup youtube! no signup youtube! no signup youtube!

    BalasHapus
  3. Harrah's Resort Southern California | Poker Room - JRM Hub
    Harrah's Resort Southern California 경상북도 출장샵 in Funner, CA features poker tables, 거제 출장샵 tournaments, blackjack, live dealer games 룰렛 게임 and 광명 출장샵 live entertainment. 성남 출장샵 Rating: 4 · ‎1 vote

    BalasHapus

PECINTA ALAM